Tuesday, August 28, 2018

Pengalaman Menggunakan Krim Temulawak

Foto diambil dari Google
Hallo, Celoters... Hari ini aku mau berbagi pengalamanku seputar krim Temulawak. Berawal dari pertama kali aku merantau ke kota Pekanbaru tahun 2013. Aku merasa muka aku terlalu kusam untuk ukuran seorang karyawati. Berbeda beberapa bulan sebelumnya saat masih menjadi mahasiswi, berbekal bedak bayi saja rasanya udah cukup oke.

Tapi pada saat itu aku masih menahan keinginan untuk mencoba-coba krim. Aku cukup pakai pelembab wajah dari Garnier dan setelah itu ditutupi menggunakan bedak bayi. 
Permasalahan muka kusamku semakin membuat aku ga pede. Akhirnya dari seorang teman aku direkomendasikan salah satu krim yang ternyata sudah sangat hits di Pekanbaru yaitu Krim Temulawak. Setahu aku temulawak itu tumbuhan dan aku kira bakalan bau temulawak. Ternyata tidak!
Harga produk ini di tahun 2013 sekitar 20-30rb. Packaging-nya berwarna kuning dan bertingkat, tingkat pertama ada Nigth Cream dan tingkat kedua ada Day Cream. Lucu juga ya... Oia, sebelum BB Cream viral, aku rasa krim Temulawak sudah duluan ya. Efek tampilan yang diberikan pada wajah benar-benar sama seperti BB Cream yaitu mencerahkan saat dipakai.  Tapi, pada saat itu BB Cream belum viral di Indonesia. 
Yang pertama kali aku rasakan saat menggunakan Krim Temulawak terutama Daycream adalah kulit wajahku langsung terlihat lebih cerah. Karna krim ini memang ada warnanya tidak transparan. Dan warnanya aku rasa cocok untuk kulit orang Indonesia. Jadi tidak terlalu putih dan tidak sampai memberikan efek muka terlihat abu-abu. Jujur aku langsung seneng banget, seperti merasakan jadi perempuan dewasa sebenarnya.
Kemudian saat sebelum tidur aku pakai Night cream. Texturnya jauh lebih creamy dibanding Daycream. Dan saat dipakai tidur bikin aku malah makin berkeringat (oia, kebetulan di Pekanbaru suhu udaranya panas sekali apalagi kalau malam). Ini yang membuat aku ga rajin pakai night cream-nya. Karena bikin lengket apalagi bila berkeringat.
Sebulan setelah menggunakan krim Temulawak, orang-orang sekitar mulai ngeh bahwa kulit wajahku makin cerah. Bahkan ada yang bilang cerah kayak air, agak ga ngerti sih maksudnya apaan. Hahaha... Aku jadi keseringan ngaca karna terlalu bahagi dipuji seperti itu. Ceilah... Selama ini wajah kusam akhirnya jadi dibilang cerah juga...
Tapi, makin lama aku merasakan kulit wajahku perih kalau cuci muka. Bahkan bikin trauma cuci muka kalo mengingat perihnya kena air. Tapi aku tetap bertahan, ah gapapa kok... Pada saat Krim Temulawak pertamaku habis, aku kebingungan mencari penggantinya. Karna ternyata jarang yang jual krim itu di pasaran, mungkin kalo beli online gampang. Cuman aku belum pernah belanja online pada saat itu. Hehehe...
Photo dari Google
Akhirnya aku dan temanku pergi ke supermarket di dekat kantor untuk belanja bulanan. Dan ternyata krim itu tidak masuk di dalam supermarket, akhirnya ada mba-mba SPG menawarkan krim yang 11-12 mirip Krim Temulawak yaitu krim Chiumien Pearl dari China. Ternyata efek yang diberikan hampir sama dengan Krim Temulawak. Yaitu memberikan efek cerah pada saat dipakai. Harga krim Chiumien ini sekitar 40-50rb. Lebih mahal ya...
Tapi tetap saja antara Krim Temulawak dan Chiumien bikin pedih kalau kena air. Kalau tidak salah aku repurches Chiumien sampai 2x lalu berlabuh lagi ke Krim Temulawak yang aku temukan kembali secara ga sengaja. Hehehe...
Tepatnya di sebuah Apotik (Tapi kayaknya aportiknya bukan Apotik berizin, dan lebih tepat disebut warung obat daripada Apotik). Saat aku liat tekstur Temulawaknya benar-benar beda dari awal aku beli pertama kali. Di situ aku  mulai curiga, jangan-jangan krim ini memang abal-abal. Sehingga komposisinya aja beda-beda. Tapi saya tetap pakai kurleb 2 minggu. Dan saya berhenti, karna saya udah ga tahan dengan perihnya kulit muka kena air selama pakai krim ini. APA AKU PAKAI KRIM YANG ASAL-ASALAN? Tidak ada BPOM. 
Lalu aku googling untuk lihat track record Krim Temulawak itu, dan benar saja informasi yang didapatkan beberapa merasakan hal yang sama denganku. Dengan embel-embel "Jual Krim Temulawak Ori" aja udah membuat aku sadar bahwa ini krim butuh pengakuan banget sampe pake embel-embel ori. Oh nooo... Yang lebih anehnya lagi ada salah satu website yang menuliskan "JUAL KRIM TEMULAWAK ASLI DARI MALAYSIA"... Hlooooohhhh????? Sebenernya ini krim darimana sih?
Aku akhirnya angkat tangan dan bener-bener ga ada alasan pakai krim itu lagi. Kalau seandainya Krim ini dijual di supermarket sekelas Hypermart, aku berani pakai lagi. Tapi kalau supermarket yang gampang dimasuki penyusup aku ga mau lagi.
Biarlah kulit wajah aku kusam yang penting sehat. Kebetulan setelah masa-masa patah hati aku akibat Krim Temulawak, booming-lah BB Cream. Aku langsung beli BB Cream dari Garnier, sayangnya warnanya terlalu terang. Duhhh,,,, masuk pasar Indonesia yang rata-rata berkulit kuning langsat dan sawo matang, malah jualan yang warnanya terang amat.
Sekian pengalaman aku saat baru pertama kali menggunakan krim-krim yang ada di Indonesia ini. Hehhehehe...

33 comments:

  1. Kemudian saat sebelum tidur aku pakai Night cream. Texturnya jauh lebih creamy dibanding Daycream.
    LukQQ
    Situs Ceme Online
    Agen DominoQQ Terbaik
    Bandar Poker Indonesia

    ReplyDelete
  2. Aku pakai cream temulawak udah 7hari kok ada kukul SM bruntusannya. Cocok gak ya?
    Jawab pliss🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu proses detok kk, saya juga pakai sudah mau 5 tahun alhamdulillah pernah berhenti tapi kulit tetap aman gak kusam

      Delete
    2. Sekarang masi pake ga min?

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Aku pakai temualwwak sudah 5 tahun . Awalnya bersih lama2 jerawat dimuka ada trus mati satu tumbuh 2 tapi nnti bersih lagi . Tapi buat muka jadi banyak bekas jerawatnya . Lagi belajar berenti tapi kusam lagi ..... Jadi bngung mau pke produk apa . Ga ada yg bikin cerah kya tmulawak.. tpi dyangnya temualawak bikin jerawat ga hilang2

    ReplyDelete
  5. Aku pakai temulawak udah lebih dari 5 tahun dan alhamdulillah selama itu aku gak pernah ngalamin hal yang gak baik. Mau jerawatan mau bruntusan mau muka kusam alhamdulillah aku belum pernah ngalamin itu. Padahal aku udah bolak balik berenti pakai berenti pakai. Kayak nya muka aku cocok cocok aja sama temulawak ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga udh pakai cream temulawak selama 5th lebih, dan sekarang ganti pakai cream safi tapi muka jd agak kusam, dan mau balik lg deh kaya ny ke temulawak

      Delete
  6. Aku pakai temulawak udah lebih dari 5 tahun dan alhamdulillah selama itu aku gak pernah ngalamin hal yang gak baik. Mau jerawatan mau bruntusan mau muka kusam alhamdulillah aku belum pernah ngalamin itu. Padahal aku udah bolak balik berenti pakai berenti pakai. Kayak nya muka aku cocok cocok aja sama temulawak ini.

    ReplyDelete
  7. Aku prnah pakai stahunan lebih. Mmang ajib sih.. dikampus muka w paling josss. Cerah bersih. Tp krna ad yg blg brbahaya aku ga lanjutin. Ya kusam lg deh abis ntu

    ReplyDelete
  8. Aku baru pakai seminggu,kulit wajah jadi mengelupas sedikit,trus warna kulit wajahnya jadi ga rata,emang gitu kah efeknya?tolong dijawab...

    ReplyDelete
  9. aku juga pake cream temulawak kok. uda dapat 1 tahunan
    aku beli harganya 25rb, didekat rumah aku ada toko yang ngejual cream temulawak hehe
    hasilnya kalo dimuka aku itu cerah terus dulu aku brutusan sekarang udah ngga si semenjak make temulawak tapi emang hasilnya bikin cerah dimuka bukan bikin putih ya. kalo bikin putih mah cream pemutih lainnya
    tapi minusnya kalo make cream temulawak ini jadi kering kalo pas pakai makeup, jadi aku sblm make mouiturizer wkwk tp kadang day cream dari temulawak ngga aku pake. cuma night cream sama sabun
    tapi hasilnya bagus bgt sampe skrg aku make

    ReplyDelete
  10. Aku bingung nih mau pakai cream temulawak atau engga saran dong,buat yg uda pernah pakek🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udah pakek 3 tahunan dan alhamdulillah aman. Pas ngoles di muka harus rata biar putihnya sama.

      Delete
  11. Aku prn pke cream temulawak tpi smpat brhnti trus muncul jerawat bnyak,ap itu efek dri cream temulawak ya gra² aku smpat brhnti.sran dong ap aku pke lgi cream temulawak atau tdk:)

    ReplyDelete
  12. aku hampir 2 bulan ini pakai cream temulawak , cream siang awet banget kaya BB cream gt , ga perlu pakai bedak lg sudah bagus , harga nya murah dsni dan sudah BPOM , alhamdulillah cocok bekas jerawat sedikit memudar , jerawat berkurang , mungkin proses jd engga instan , warna kulit msh tetap sama , tidak membuat wajah putih

    ReplyDelete
  13. Kak aku udah hampir mau sebulan menggunakan cream temulawak day sama malam tapi kok tetap aja terjadi pengelupasan diwajahnya saya dan kering, Apakah saya tetap melanjutkan memakai nya atau tidak kak? Mohon dijawab kak🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sama malah mah warna kulitnya cuma kuning Langsat doang kek gitu

      Delete
  14. Aku baru pakai cream temulawak selama seminggu kurang lebih, muka aku udah putih, cuma jerawat sama bekasnya masih ada, aku ragu buat pake sebenernya tolong dong kak sarannya, mumpung belom lama pake🙏😭

    ReplyDelete
  15. Aku jg pengen nyobain. Soalnya wajah aku kusam banget pengen sesekali nampak kinclong. Yang aku tau yg murah ya cuma krim temulawak ini yg las dikantong . Tapi aku takut bakalan ngefek sama muka aku kedepannya misal udah 40tahunan. Bakal ngaruh gak ya. Katany bisa banyak flek hitam ny nnti kLau dipake jangka panjang. Kan seremmm

    ReplyDelete
  16. Minta sarannya dong kak aku dr 2 tahunan pake cream temulawak .dn hsl nya. Bagus. Putih bersih.trs 2 bulanan ini aku berhenti. terus a 2 hari ini aku mulai make lagi cream temulawak satu paket buat wajah. Sabun. Toner. Serum. Sama cream pagi . Dan malam. Tp kok malah bruntusaan merah2 gt trs perih. Itu sbnrnya efek nya atau aku udah ga cocok lg ya ??

    ReplyDelete
  17. Aku baru pake krim the face temulawak 2mingguan. Tapi wajah aku bruntusan.. itu wajar gak ya? Bingung mau lanjut atau engga takut gak cocok..

    ReplyDelete
  18. Aku baru pake cream temulawak 2 hari ini tapi kok beruntusan memerah dan gatal ya ?
    Saran dong kak harus lanjut atau brenti🙏

    ReplyDelete
  19. ada yang punya riwayat sama kek muka aku nga? aku pemakaian temulawak uda hampir 3 tahun lebih mulai sekitar akhir 2017 aku nyoba temulawak karna pernah jerawat parah tapi alhmdulilah setelah pake Temukalwak muka aku jdi bersih ngak ad jrawat apalagi bekasnya pokonya bersih la..
    tapi disini aku mau crita,
    riwayat muka aku ini ada kek bintik hitam gtu dari sd tapi wkatu masih sd bintik hitam nya ngak banyak cuma di hidung doang skitar 5 atau 6 bintik la, tapi sampe sekarang tambah banyak di hidung tmbah bnyak sama di muka juga skrg uda menyebar d sluruh muka, bintik nya bervariasi ngak smue hitam ada yang kek kecokelatan gtu wrnanya..
    yng mau aku tanya ini krna faktor krim yang aku pake apa emg karena faktor matahari ya sis ? karena aku uda nyoba macam2 produk tpi tetep ajak muncul dari dalam bintiknya jadi tmbah banyak aki jdi risih sis kalo liat kaca..

    ReplyDelete
  20. Pakai temulawak dr 2017 slama ini oke bersih gak berjerawat di samping murah juga bersih tanpa efek samping sampai skrng ...

    ReplyDelete
  21. Jenis kulit tiap orang beda2, pake kosmetik jg beda2 tiap orang, kecocokan produk beda2 jg...

    ReplyDelete
  22. Aku pake temulawak cocok bgt muka ku bersih mulus putihnya natural gak kemerahan gitu, gak pernah ngelupas, jerawat juga hilang. Sebelumnya aku pake LBC tp lama2 kulit menipis gatal ngelupas gitu dan itu berulang beda bgt sama temulawak walopun harganya jauh tp top bgttt

    ReplyDelete
  23. Aku make temulawak dari tahun 2012 sejak kelas 3smk sampai sekarang 2022. Allhamdulillah lagi anak udah 2,pas hamil masih make juga, insyaallah gak kenapa2, anak2 juga sehatt. Hehehe 10tahun udah terkumpup berapa kotak ya itu wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman kak? Pernah berhenti nggak sebelumnya? Kalo beli dimanaa kak?

      Delete
  24. Aku pakai temulawak udah 3 tahun tapi masi mengelupas terus:( itu gmn ya? Dl emg cerahhh bgttt tp lama kelamaan jerawatnya hilang satu tumbuh lgi jd ilang timbul gt jadi kemerahan juga:(😓

    ReplyDelete

Silahkan Komentarnya ^_^