Friday, June 10, 2011

kasus segmentasi pasar

Segmentasi Pasar
Pemahaman variasi kebutuhan dan keinginan konsumen menjadi pedoman dalam kepentingan merancangan strategi pemasaran. Konsumen memiliki preferensi sekaligus urutan tertinggi produk tersendiri. Dan tak dapat dihindari modus tindakan pembelian mereka adalah mencapai kepuasan dimana permintaan bervariasi sesuai dengan cara produk digunakan, serta pola konsumsi. Variasi-variasi demikian, mendorong pembagian atau dikenal segmentasi pasar. Segmentasi pasar merujuk kepada pengertian proses pembagian pasar.

Probabilitas segmentasi pasar muncul dari perbedaan atau variasi konsumen. Titik balik perbedaan tidak lain kesamaan yang menjadi basis penempatan individu konsumen ke dalam segmen. Perbedaan dan kesamaan tersebut, pun dipandang berbeda dalam keberadaannya oleh masing-masing bisnis yang berkepentingan. Oleh karena mengandung persamaan dan perbedaan, maka setiap segmen dapat diperbandingkan kuantitas dan atau kualitasnya sesuai dengan tujuan.

Proses segmentasi dimulai dari penentuan pasar. Lantas pasar dipandang berdasarkan kebutuhan atau preferensi konsumen, perilaku pembelian, karakteristik bisnis maupun manusia, atau berbasis situasi penggunaan. Masing-masing basis pandangan mempertimbangkan tanggapan konsumen terhadap perbedaan, mampu diidentifikasikan, dapat dilaksanakan, efektif dan efisien, serta stabil setiap waktu. Kemudian aktifitas pemilihan segmen pun dilaksanakan yang terikat erat elemen kematangan pasar, struktur persaingan, dan pengalaman bisnis. Pendek kata berlangsung proses identifikasi, pembentukan, penguraian, dan evaluasi segmen. Aktifitas-aktifitas tersebut, terjadi setelah kehadiran pasar seperti memotong kue tar, kue tarnya tentu saja ada atau akan kita adakan untuk keberhasilan bisnis yang diinginkan.






Kasus dari Segmentasi Pasar pada sebuah perusahaan Provider seperti Telkomsel (As dan Simpati)

Dulu sebelum keluar provider baru banyak orang memilih untuk memakai kartu dari provider Telkomsel. Mungkin karena tidak ada pilihan lagi atau memang sebagian tidak mau berulang kali ganti kartu. Terlihat hampir beragam orang baik tua dan muda memakai kartu tersebut untuk berkomunikasi.

Tapi dari tahun ke tahun tidak mungkin tidak ada para pengusaha-pengusaha yang berpikir atau berminat untuk membuat usaha di bidang komunikasi tersebut. Maka bermunculanlah Provider2 baru yang menawarkan kelebihan yang banyak dan lebih ekonomis. Sebagian mulai berpindah ke operator tersebut apalagi anak-anak muda yang masih sangat labil dan ingin komunikasi dengan teman temannya tetap terjalan dengan baik dan dengan harga lebih murah. Muncullah perbedaan dan variasi pada konsumen itu sendiri.

Lantas pasar dipandang berdasarkan kebutuhan atau preferensi konsumen, perilaku pembelian, karakteristik bisnis maupun manusia, atau berbasis situasi penggunaan. Mengetahui yang diinginkan konsumen itu adalah harga murah, bonus. Maka bisa kita lihat sekarang Telkomsel banyak menawarkan kelebihan pada tiap promosinya. Memasang tariff yang murah, memberikan bonus, dan harga dari kartu itu sendiripun relative murah. Sehingga para konsumen yang heterogen tadi manjadi bersikap homogen kepada produk dari telkomsel itu sendiri. Anak anak muda yang dulu menganggap Simpati adalah nomor untuk para kaum yang sudah tua-tua dan pengusaha, kini berpindah kembali ke Simpati, begitu juga dengan kartu As yang dulu sudah lama ditinggalkan kini menjadi sangat diminati karena tarifnya sangat murah dan pembelian pulsa bisa di mulai dari Rp.5000 . Sampai saat ini bisa kita lihat Jaringan Telkomsel masih lebih luas dari perusahaan yang lainnya dan sampai ke pedalaman sekalipun.

Telkomsel sudah berhasil merebut pasar tersebut dengan strategi segmentasi pasar yang bijak.
Padahal jika dipikir kembali masih ada produk yang lebih murah dan terjangkau tetapi atas layanan purnajual yang diberikan para konsumen menjadi betah memakainya.

Pengujian Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak
Pengujian Perangkat Lunak

Oleh:

Taruli Elysabet Pardede
Yenny Masnida Silalahi
MIK-103
Amik Tunas Bangsa Pematangsiantar
Pengujian Perangkat Lunak

Pengujian adalah proses eksekusi suatu program dengan maksud menemukan kesalahan. Pengujian perangkat lunak adalah elemen kritis dari jaminan kualitas perangkat lunak dan merepresentasikan spesifikasi, desain dan pengkodean.
Ada 3 Pengujian Perangkat lunak, yaitu:
• o White box testing (testing ini agak sulit karena dilakukan pada listing program atau code program, jadi perlu orang yang ahli dalam coding)
• o Black box testing (testing yang paling mudah dan dapat dilakukan oleh orang awam, dimana orang awam bisa melakukan tes di sisi luar software dengan memasukan sembarang data dan sembarang event)
• o Gray box testing (proses tes yang melibatkan client-server, biasanya dipake untuk tes yang berhubungan ama repositori data)
Sementara Tahapan testingnya dapat dilakukan dari mulai modul terkecil hingga sistem secara keseluruhan, atau dapat juga sebaliknya, contoh tahapan dari modul terkecil hingga sistem secara keseluruhan :

• Unit test,digunakan untuk mengetes bagian terkecil (unit detail) dari suatu software dan biasanya dikerjakan oleh developer dengan membuat mock object untuk ditesnya. Unit test menjalankan test pada semua function atau method, apabila terjadi error pada tiap unit kode programnya, maka developer akan melakukan refactoring terhadap kodenya. Untuk teknologi bahasa pemrograman java, unit tes dilakukan dengan menggunakan framework junit.
• Integrated testing digunakan untuk mengetes suatu software yang terdiri dari modul-modul yang terintegrasi atau bisa juga terintegrasi dengan suatu database. Contoh tool yang digunakannya adalah DBUnit.
• Coverage Testing yang dilakukan untuk mengukur kecukupan suatu unit test, apakah unit test yang dibuat telah meng-cover semua unit kode program. Analoginya, coverage test bekerja dengan membandingkan jumlah kode program dengan jumlah unit testnya. Contoh tool yang biasa digunakan cobertura.
• System testing keseluruhan dari suatu software. System testing ini biasanya merunut pada Terdiri dari berbagai jenis tes, yaitu: user interface testing, usability testing, performance testing, compability testing, error handling testing, load testing, volume testing, stress testing, user help testing, security testing, scalability testing, capability testing, sanity testing, regression testing, reliability testing, recovery testing, instalation testing, maintenance testing.

semoga berguna buat teman mahasiswa semua!!!! GBU

Wednesday, June 8, 2011

kampusku

aku kuliah di Amik Tunas Bangsa.... jurusan yang aku ambil adalah Manajemen Informatika..... Oh ia pada tau Kampus aku itu gak??? terletak di Pematangsiantar yang ada di Sumatera Utara loch!!! Tau !Tau! Tau dunkssss..... kadang streesss ya jadi anak kuliah sekarang yang ada di dlaam benak ku hanya Wisuda aajjjjaaaa.... wkwkwkkww.... kapann? 1 tahun lagi neeeeehhhh.... Mudah2an kesampaian ... doakan ya semua!!!!!!!!!!!!!!!

say HAI buat para blogger

aku Taruli Elysabet Pardede... nama panggilanku Uli ajaaaaaaaa..... hehehe..... aku buat blog ini buat semua teman mahasiswa sekaliaaannn... hehehehe.. maaf ya masih baruuuuu jadi agak bingung mau ngomong apa!!!
dulu aku punya semacam blog juga kok webs.com .... nama webs aku itu truepardede.webs.com  .... dibuka yaaaahhh..... aku hobby nya menulis... jadi bisa di bilang lah aku Penulis, aku akan merasa bangga dibilang gituuuuu.... HHOOOOAAAMMMZZZ aku nagtuk udah malam nie, kapan kapan aku lanjut lagi yahhh..... nite alll...... mmmmuuuuuuaaaaaccchhhhhh..............